Wednesday, May 18, 2016

Cara Mencegah dan Mengobati Alergi pada Anak

Munculnya alergi pada anak-anak bisa bervariasi waktu dan tempatnya. Ada yang mengalami alergi terhadap makanan, minuman atau zat ertentu saat masih bayi, masih balita, dan kadang ada pula yang telah dewasa. Tempat munculnya alergi juga berbeda, ada yang berbentuk batuk, ruam pada kulit, sampai sesak napas seperti yang telah diuraikan diatas.

Cara Mencegah dan Mengobati Alergi pada Anak
Oleh karenanya, cara mencegah dan menangani alergi tentu berbeda pada setiap anak dengan kasus yang berbeda pula. Hanya saja, tetap ada kesamaan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua agar bisa mengasuh di buah hati yang terserang alergi dengan nyaman, diantaranya:

  • Mengingat-ingat dan kalau perlu mencatat makanan, minuman, zat dan situasi seperti apa saja yang membuat anak mengalami alergi.
  • Menghindarkan anak dari makanan, minuman, zat tertentu, dan situasi yang bisa menimbulkan alergi pada anak.
  • Membiasakan pemberian makanan non penyedap untuk menghindari alergi yang sebagian besar disebabkan oleh zat tersebut.
  • Memeriksakan secara seksama ke dokter dan laboratorium untuk mengetahui penyebab alergi pada anak-anak.
  • Obat yang paling utama bagi penderita alergi adalah menghentikan komsumsi makanan dan minuman penyebabnya, juga menghindarkan diri dari situasi yang dapat memacu alergi semakin hebat.
  • Jika diperlukan obat tertentu sebaiknya orang tua berkonsultasi denga dokter anak


Nah, Beberapa inilah hal yang perlu bunda ingat-ingat untuk mencegah atau mengobati alergi, baik itu alergi makanan, minuman zat tertentu, atau kondisi tertentu. Semoga Anak-anak kita selalu terhindari dari penyakit alergi.Gambar:shutterstock.com

No comments:

Post a Comment